Postingan

Tugas Pertemuan 7 PPL - Studi Kasus Aplikasi Restoran

Gambar
Nama : 1. Frederick Yonatan Susanto / 5025211121                 2. Akmal Sulthon Fathulloh / 5025211047 Kelas : PPL A Tahun Ajaran : 2023/2024 (Genap)     Pada pertemuan ketujuh di kelas PPL A, kita diminta untuk mendeskripsikan bagaimana Low Level Design dan High Level Designnya dari sistem food delivery/restaurant. Referensi dapat dicari dari paperwork, jurnal, dokumentasi aplikasi, dll. High Level Design and Low Level Design  Food Delivery System A. Problem Statement Design online food delivery system. B. Functional Requirements User can search different restaurant based on his/her location User can select a restaurant User can see the menu of selected restraunt Restraunt can change the menu any time User selects restraunt and add different food items from the menu User orders the food by selecting different online payment modes Cash on delivery can be also option (Optional) User can track the order in real time U...

Tugas Pertemuan 6 PPL - Low Level Design

Gambar
Nama Akmal Sulthon Fathulloh NRP 5025211047 Kelas PPL - A Low Level Design (LLD) adalah proses dalam pengembangan perangkat lunak di mana detail teknis dari sebuah sistem atau komponen sistem didefinisikan dengan sangat rinci. LLD berada di tingkat yang lebih mendetail daripada Desain Tingkat Tinggi (High Level Design) dan lebih dekat dengan implementasi aktual dalam bahasa pemrograman tertentu. Dalam LLD, fokus utamanya adalah pada implementasi teknis dari rancangan yang dibuat dalam tahap Desain Tingkat Tinggi. Ini melibatkan pembuatan diagram, spesifikasi, dan dokumen teknis lainnya yang menjelaskan bagaimana setiap fitur atau komponen sistem akan diimplementasikan. Pada pertemuan kelima mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini, kita diminta untuk berlatih membuat high-level design (HLD) dan low-level design (LLD) dari sebuah dokumentasi pengembangan perangkat lunak, bisa dari t...

Tugas Pertemuan 5 PPL - High Level Design

Gambar
Nama Akmal Sulthon Fathulloh NRP 5025211047 Kelas PPL - A High Level Design (HLD) atau desain tingkat tinggi adalah gambaran umum dari suatu sistem atau aplikasi. HLD menjelaskan struktur dan arsitektur sistem secara keseluruhan, tanpa terpaku pada detail implementasi. HLD biasanya dibuat pada tahap awal pengembangan perangkat lunak, sebelum desain tingkat rendah (LLD) dibuat. HLD bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang sistem kepada para pemangku kepentingan, seperti investor, manajer, dan arsitek, membantu dalam membuat keputusan desain yang tepat, memudahkan komunikasi antar anggota tim pengembangan, dan mempermudah proses pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak. Pada pertemuan kelima mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini, kita diminta untuk berlatih membuat high-level design dari sistem perangkat lunak yang sudah disediakan. Kali ini saya memilih untuk me...

Tugas Pertemuan 4 PPL - Software Architecture

Gambar
Nama Akmal Sulthon Fathulloh NRP 5025211047 Kelas PPL - A Software application architecture merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menetapkan struktur sebuah aplikasi yang mampu memenuhi segala kriteria teknis dan operasional, dengan memperhatikan aspek kualitas seperti performa, keamanan, dan kemudahan pengelolaan. Dengan memiliki arsitektur perangkat lunak yang solid, potensi kegagalan yang dapat disebabkan oleh pengembang dapat diminimalisir. Lebih lanjut, arsitektur perangkat lunak yang baik juga dapat menyesuaikan diri dengan evolusi teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, serta berbagai perubahan kebutuhan dan skenario pengguna yang mungkin terjadi seiring berjalannya waktu. Pada pertemuan keempat mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini, kita diminta untuk mengamati/mencari informasi sebuah aplikasi kemudian menggambarkan bagaimana bentuk arsitekturnya. Referensi dapat dicari dar...

Tugas Pertemuan 3 PPL - Perancangan Berbasis Obyek

Gambar
Nama Akmal Sulthon Fathulloh NRP 5025211047 Kelas PPL - A Perancangan perangkat lunak berbasis objek adalah metode dalam mengembangkan perangkat lunak yang mendasarkan pada paradigma pemrograman berorientasi objek. Paradigma ini memandang perangkat lunak sebagai kumpulan objek yang memiliki sifat dan perilaku unik, dan mampu berkomunikasi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada pertemuan ketiga mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini kita diminta untuk mencari sebuah gambaran informasi perangkat lunak dimana di dalamnya terdapat desain, mulai dari use case sampai dengan model dinamik atau statik. Referensi yang bisa diambil mulai dari paper, tugas akhir, ataupun studi kasus di industri. Dari contoh itu, analisi use case model (statis atau dinamis) pada jurnal tersebut. Referensi Berikut adalah jurnal yang saya jadikan sebagai referensi. Analisis Dynamic Model Use Case...

Tugas Pertemuan 2 PPL - Identifikasi Proses PPL

Gambar
Nama Akmal Sulthon Fathulloh NRP 5025211047 Kelas PPL - A Pada pertemuan kali ini, kita diminta untuk berlatih mengidentifikasi proses perancangan perangkat lunak ( software design ) berdasarkan jurnal/dokumen perancangan perangkat lunak yang digunakan sebagai referensi. Referensi Saya mengambil referensi dari sebuah jurnal DPPL "Sistem Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar" sebagai berikut. Identifikasi Proses PPL Architectural Design (Perancangan Arsitektur) Sistem pengarsipan surat ini dibangun berbasiskan web. Halaman pertama sistem ini adalah halaman login pengguna. Setelah pengguna melakukan login maka pengguna akan memasuki halaman surat masuk dan surat keluar. Gambar 3 (gambar di bawah) adalah deskripsi arsitektural dari sistem pengarsipan surat. Interface Design (Perancangan Antarmuka) Gambar 10 menunjukkan desain antar muka dari system yang akan dibangun. Des...

Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Gambar
Nama Akmal Sulthon Fathulloh NRP 5025211047 Kelas Pemrograman Web - A Soal Cari paper yang berhubungan dengan aktivitas pembuatan perangkat lunak/aplikasi! Berikut adalah paper yang saya temukan terkait aktivitas pembuatan perangkat lunak/aplikasi. Berdasarkan referensi yang sudah didapatkan, Buatlah deskripsi studi kasus pemrograman web! Berdasarkan referensi paper yang telah ditemukan, aplikasi yang akan dibuat akan berupa toko sembako online. Di dalam aplikasi ini menawarkan berbagai macam fitur layaknya perbelanjaan melalui toko-toko franchise seperti Indomaret namun fokusnya lebih ke UMKM yang dikelola oleh personal. Pengguna diharapkan bisa melakukan pemesanan dan pembayaran secara online lalu pesanannya nantinya akan dikirimkan oleh karyawan toko. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan para pemilik toko bisa menjangkau konsum...